Apakah stroke itu???

Stroke itu apa ?

Stroke, atau kecelakaan cerebrovascular (CVA), terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak terganggu, sehingga sel-sel otak mati. Bila aliran darah ke otak memburuk, oksigen dan glukosa tidak dapat dikirimkan ke otak. Gangguan aliran darah tersebut dapat membahayakan berbagai mekanisme otak.

* Menyempitnya arteri halus di dalam otak dapat menyebabkan apa yang disebut lacunar stroke, (lacune = kosong). satu blockage kecil arteriole dapat mempengaruhi wilayah otak yang menyebabkan jaringan mati (infarct).
* Pengerasan arteries (atherosclerosis) yang mengarah ke otak. Ada empat pembuluh darah besar yang memasok darah ke otak. The anterior circulation, motor penggerak yang paling banyak mengontrol, kegiatan, sensasi, pikiran, ucapan, dan emosi yang disuplai oleh arteri nadi. The posterior circulation, yang mengsuplai brainstem dan cerebellum, bagian kordinasi dan pengendali otomatis fungsi otak, yang disupali oleh vertebrobasilar arteries.

Jika arteri ini menjadi sempit sebagai akibat dari atherosclerosis, plak atau kolesterol, maka hal ini mengganggu pasokan darah ke bagian otak. Dibandingkan dengan lacunar Strokes, Sebagian besar dari otak dapat kehilangan pasokan darah, dan hal ini dapat menghasilkan lebih dari satu gejala lacunar stroke.

* Dari Jantung ke Emboli otak . Dalam situasi di mana terbentuk darah beku disekitar jantung, ada kemungkinan kecil untuk darah beku memotong dan menjelajah (embolize) ke arteri dalam otak dan menyebabkan stroke.

Arteri Pecah (pendarahan)

* Pendarahan otak (pendarahan di substansi otak). Alasan yang paling umum untuk pendarahan di otak adalah tekanan darah tinggi yang tak terkendalikan. Lainnya termasuk situasi aneurysms yang bocor atau pecah atau arteriovenous malformations (AVM) di mana terdapat kumpulan pembuluh darah abnormal yang rentan dan dapat berdarah.

Apa yang menyebabkan stroke?

Blockage arteri bagian dalam otak oleh gumpalan darah beku (thrombosis) adalah yang paling umum yang menyebabkan stroke. Bagian dari otak yang disuplai oleh pembuluh darah (yang mengalami pembekuan darah) tersebut kemudian menyebabkan hilangnya suplai darah dan oksigen. Sebagai akibatnya menghilangnya darah dan oksigen, sebagian sel di otak mati. Umumnya, pembekuan darah yang terbentuk didalam pembuluh darah halus dalam otak yang karena sebelumnya telah menyempit menimbulkan berbagai faktor resiko termasuk:

* tekanan darah tinggi (hipertensi),
* kolesterol tinggi,
* diabetes, dan
* merokok.

Embolic stroke

Stroke jenis lain yang mungkin terjadi bila pembekuan darah atau potongan plak atherosclerotic (kolesterol dan deposit kalsium pada dinding bagian dalam jantung atau arteri) melonggar, perjalanan melalui arteri yang terbuka, dan mengendap didalam arteri otak. Bila ini terjadi, aliran darah kaya oksigen yang ke otak akan diblokir dan terjadilah stroke. Stroke jenis ini disebut sebagai embolic stroke. Misalnya, pada awalnya pembekuan darah mungkin sudah terbentuk didalam ruang jantung sebagai akibat dari irama jantung yang tidak teratur, seperti terjadi di atrial fibrilasi. Biasanya, bekuan darah ini tetap menyertai inner lining jantung, tapi kadang-kadang mereka dapat terputus, perjalanan melalui aliran darah, bentuk plug (emboli) dalam arteri otak, dan menyebabkan stroke. Emboli juga dapat berasal dari dalam arteri besar (misalnya, arteri nadi, arteri besar yang di leher yang memasokan darah ke otak) dan kemudian melakukan perjalanan ke hilir arteri kecil di dalam otak.

Pendarahan otak

Pendarahan otak terjadi bila pembuluh darah di otak pecah dan berdarah disekitar jaringan otak. pendarahan otak (pendarahan di otak) dapat menyebabkan stroke oleh darah dan oksigen yang tersumbat ke bagian otak. Darah juga sangat beriritasi ke otak dan dapat menyebabkan pembengkakan jaringan otak (otak busung). Busung dan akumulasi darah dari pendarahan otak meningkatkan tekanan di dalam tengkorak dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut oleh tindihan otak terhadap tulang tengkorak.

Pendarahan Subarachnoid

Dalam pendarahan subarachnoid, darah akumulasi di ruang bawah selaput arachnoid yang membentuk barisan otak. Darah yang berasal dari pembuluh darah abnormal yang bocor atau pecah. Seringkali ini adalah dari gondok nadi (an abnormal ballooning dari dinding vessel). Subarachnoid hemorrhages biasanya menyebabkan kejadian mendadak, menghilangkan sakit kepala dan leher kaku. Jika tidak diketahui dan diobati, akan mengalami konsekuensi besar neurological, seperti koma, dan kematian otak akan terjadi.

Vasculitis

Penyebab stroke lain yang jarang terjadi adalah vasculitis, kondisi di mana pembuluh darah terjadi inflamasi (peradangan).

Migrain

Nampaknya sangat sedikit peningkatan terjadinya stroke pada orang dengan migrain. Mekanisme untuk migrain atau sakit kepala termasuk penyempitan vascular dari pembuluh darah di otak. Beberapa kejadian sakit kepala migrain bahkan bisa menirukan stroke dengan hilangnya fungsi salah satu sisi tubuh atau penglihatan atau masalah berbicara. Biasanya, memecahkan gejala tersebut sebagai memecahkan sakit kepala.

Faktor-faktor apa resiko untuk stroke?

Secara keseluruhan, yang paling umum untuk faktor resiko stroke adalah:

* tekanan darah tinggi,
* kolesterol tinggi,
* merokok,
* diabetes dan
* bertambahnya usia.

Gangguan irama jantung seperti atrial fibrilasi, paten foramen ovale, dan penyakit katup jantung juga dapat menjadi penyebabnya.

Bila terjadi stroke dalam individu muda (kurang dari 50 tahun), faktor resiko yang kurang umum dianggap termasuk narkoba gelap, seperti kokain atau amphetamines, ruptured aneurysms, dan inherited (genetik) predispositions ke pembekuan darah.

Contoh dari kecenderungan genetik ke stroke yang jarang terjadi dalam kondisi yang disebut homocystinuria, di mana terdapat tingkat homocystine kimia di dalam tubuh yang berlebihan. Ilmuwan berusaha untuk menentukan apakah terjadinya homocystine tingkat tinggi disetiap umur yang non- turun temurun dapat mempengaruhi ke stroke.

Apa yang dimaksud dengan serangan transient ischemic (TIA)?

Serangan transient ischemic (TIA) adalah episode umur-pendek (kurang dari 24 jam) yang sementara pelemahan ke otak yang disebabkan oleh hilangnya suplai darah. TIA menyebabkan kehilangan fungsi di daerah tubuh yang dikendalikan oleh bagian otak yang terkena. Hilangnya suplai darah ke otak yang paling sering disebabkan oleh pembekuan darah yang spontan dalam bentuk pembuluh darah di dalam otak (pembekuan darah). Namun, bisa juga hasil dari bentuk yang membeku di tempat lain di dalam tubuh, dislodges dari lokasi itu, dan perjalanan ke pengendapan di arteri dari otak (emboli). kekejangan dan, jarang, yang berdarah adalah penyebab lainnya TIA. Banyak orang merujuk ke TIA sebagai “mini-stroke.”

Beberapa TIAs berkembang perlahan, sedangkan yang lain berkembang pesat. Dengan definisi, semua TIAs tersebut dalam waktu 24 jam. Strokes memakan waktu lebih lama dibandingkan untuk TIAs, dan dengan Strokes, fungsi lengkap mungkin tidak pernah kembali dan mencerminkan yang lebih permanen dan masalah serius. Meskipun paling sering TIAs terakhir hanya beberapa menit, semua TIAs harus dievaluasi dengan urgensi sebagai stroke dalam upaya mencegah recurrences dan / atau Strokes. . TIAs dapat terjadi sekali, beberapa kali, atau mendahului stroke tetap. Serangan transient ischemic harus dianggap sebagai keadaan darurat, karena tidak ada jaminan bahwa situasi tersebut akan berfungsi dan akan kembali.

TIA dari pembekuan darah pada mata dapat menyebabkan kerugian sementara visual (amaurosis fugax), yang sering digambarkan sebagai sensasi tirai turun. TIA yang melibatkan pembuluh nadi kepala (pembuluh darah terbesar mensuplai otak) dapat menghasilkan masalah dengan gerakan atau sensasi pada satu sisi tubuh, yang merupakan sisi berlawanan dengan sebenarnya dari blockage. Seorang pasien yang terkena mungkin akan mengalami kelumpuhan dari tangan, kaki, dan wajah, semua pada satu sisi. Double visi, pusing (vertigo), dan kehilangan pembicaraan, pengertian, dan keseimbangan juga dapat gejala tergantung bagian otak yang kekurangan suplai darah.

Apa dampak Strokes?

Di Amerika Serikat, stroke adalah yang ketiga terbesar penyebab kematian (di belakang jantung dan segala bentuk kanker). Biaya Stroke tidak hanya diukur dalam milyaran dolar, kehilangan pekerjaan, rumah sakit, dan perawatan korban dalam perawatan rumah. Biaya yang besar atau dampak dari stroke adalah hilangnya kemerdekaan yang terjadi di 30% dari para korban. Apa yang mempertahankan diri dan gaya hidup menyenangkan dapat menghilangkan sebagian besar kualitas setelah stroke dan anggota keluarga yang lain dapat menemukan diri mereka dalam peran baru sebagai perawat.

Apa saja gejala stroke?

Bila sel-sel otak adalah deprived of oxygen, mereka berhenti untuk menjalankan tugas-tugas biasa. Gejala-gejala yang mengikuti stroke tergantung di area otak yang telah terpengaruh dan jumlah kerusakan jaringan otak. Strokes kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apapun, tetapi masih dapat merusak jaringan otak. Strokes ini yang tidak menimbulkan gejala yang disebut sebagai Stroke diam. Menurut The US National Institute of Neurological Gangguan dan Stroke (NINDS), ini adalah tanda-tanda utama dari lima stroke:

* Mendadak mati rasa atau kelemahan pada wajah, lengan atau kaki, terutama pada satu sisi tubuh. Hilangnya sukarela bergerak dan / atau sensasi dapat lengkap atau sebagian. Ada juga mungkin berkaitan dengan sensasi geli di daerah yang terkena dampak.
* Mendadak kebingungan atau kesulitan berbicara atau memahami. Kadang-kadang kelemahan pada otot wajah yang dapat menyebabkan drooling.
* Tiba-tiba kesulitan dalam melihat dengan satu atau kedua mata
* Tiba-tiba kesulitan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan atau koordinasi.
* Sakit kepala mendadak hilang tanpa diketahui penyebabnya

2 Tanggapan to “Apakah stroke itu???”

  1. jk Says:

    panjang bangettt… tapi bagus pembahasannyaaaaa… makasih info na yachhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: